SANDIAGA UNO HADIRI ACARA HUT ASPRINDO KE 3

ASPRINDO JAKARTA : Pandemi Covid-19 harus menjadi momentum kebangkitan UMKM. Pandemi telah membuat sejumlah pemimpin negara melakukan koreksi terhadap orientasi kebijakan pengelolaan ekonomi mereka.

“Jika sebelumnya perhatian lebih diarahkan ke pengusaha besar, kini berbalik, pengusaha kecil diperkuat. Sayangnya pemerintah Indonesia mengambil kebijakan sebaliknya,” demikian Rizal Ramli saat menyampaikan arahan pada peringatan ulang tahun ke-3 ASPRINDO (Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia), yang diselenggarakan pada 6 Maret 2021 secara daring melalui zoom meeting room, dan disiarkan langsung Asprindo TV di kanal youtube.

Sejalan dengan Riza Ramli yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina ASPRINDO, Soetrisno Bachir juga menggarisbawahi pentingnya memanfaatkan momentum. Ia menyatakan ASPRINDO hanya dapat berperan penting dalam perubahan itu jika ASPRINDO memiliki road map yang jelas, databased anggota yang memadai, dan bisa membentuk jaringan pengusaha berdasarkan sektor usaha masing-masing.

“Momentum ini tidak datang dua kali, karena itu ASPRINDO harus memanfaatkan betul,” ujar pengusaha-politikus yang juga Ketua Dewan Kehormatan ASPRINDO ini. Peringatan ulang tahun ke-3 ASPRINDO ini diikuti tidak kurang dari 400 peserta yang datang dari pengurus pusat, 34 pengurus wilayah, ratusan cabang, dan perwakilan luar negeri.

Dari Likupang Sulawesi Utara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga Ketua Dewan Penasihat Asprindo, Sandiaga S Uno, hadir menyapa peserta zoom meeting. Sayang jaringan internet di Likupang kurang memadai sehingga suaranya terputus-putus.

Sementara itu, Ketua Umum ASPRINDO, Jose Rizal menyatakan bahwa sejumlah rintisan program sebagai perwujudan visi dan misi ASPRINDO sudah mulai menunjukkan geliat. Meskipun dihadang dengan pandemi Covid-19, program-program visioner dengan cita-cita untuk membuat UMKM naik kelas, secara pelan tapi pasti mulai menemukan jalannya. “Kita memang sedikit melambat, tapi semua program masih on the track,” ujarnya. Jose menyebut hasil konsolidasi organisasi yang relatif cepat, kerjasama dan kolaborasi dengan sejumlah pihak, membuatnya cukup optimis bisa mewujudkan program-program peningkatan kinerja UMKM.

“Tinggal kita berharap agar pemerintah mendukung melalui kebijakan yang diterbitkan,” harapnya. (Red)

Tags:

KOMENTAR

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>